Tips Bagus dan Hemat Memasang Kopling Manual Yamaha Jupiter Z New (ZR)

Assalamualaikum.wr.wb

Apa kabar sobat ,, semoga baik" selalu dan dalam perlindungan Allah.SWT..
dalam posting kali ini saya akan berbagi info tentang Tips Bagus dan Hemat Memasang Kopling Manual Yamaha Jupiter Z New (ZR) sesuai pengalaman pribadi saya. untuk para master modifikasi cukup senyum" aja baca nya ya, ciye ciyeeee ;D hehe, mohon bimbingannya karena mungkin banyak terjadi kesalahan tutur kata dalam postingan saya :)..

Langsung saja, kenapa saya mengubah kopling otomatis menjadi kopling manual, karena menurut pengalaman saya kopling manual lebih mantep dan responsif, sebenarnya sih nggak nambah speed sih kalo ganti kopling manual, cuma responsif lebih bertambah aja..
Menuju TKP :


 

Langkah pertama sobat beli dulu Bak kopling yang sudah disediakan oleh TDR / SYS / Yamaha dari Yamaha Thailand ditoko Otomotif..

Nih Cuplikannya bak kopling TDR punya ku :
1. 




Ada dua versi sob bak kopling TDR, ini versi yang kedua:
2.  



Kedua



Keterangan Gambar Nomor 1 & 2:
  1. Bak kopling ini sudah 1 paket, yang terdiri dari Handle, Stut, kabel Kopling, bak kopling yang dibandrol Harga :360.000(daerah Semarang).. (Gambar Nomor 1.)
  2. Bak Kopling ini versi lebih komplit tersedia juga rumah kopling, karena jupiter z new menggunakan kopling diafragma seperti mobil, sehingga dari TDR sendiri menyediakan yang versi rumah kopling Harga : 650.000 (daerah Semarang).. (Gambar Nomor 2.)

dua cuplikan gambar diatas itu sudah komplit bisa langsung pasang, namun klo langsung dipasang gitu aja jadi nya kopling banci sob, alias kopling kalau mau pindah gigi nggak usah mencet handle nya dulu bisa,,, uhh kurang ajib pastinya...
nah maka dari itu agar kopling kita bisa full kopling manual saya beri 2 informasi cara yang hemat biaya, berdasarkan pengalaman saya  :

1. kita harus buatin sendiri sob balancer nya,, buat balancer sendiri diTukang bengkel bubut sob, bahan utama besi tebal bulat, cari di jual beli barang bekas.. beratnya besi itu diusahakan lebih berat dibanding dengan Balancer aslinya (Lebih Baik Lebih daripada kurang :D) karena nanti nya akan dibubut dikurangi beratnya dibengkel bubut,, keanapa ya harus ditimbang,, karena Kalo tidak ditimbang entar beratnya nggak beraturan sob, bisa" setang seher kita muntir, ribet deh uang lagi dah :D
nah terus bila beratnya udah sama tinggal deh dipantek gear kecilnya dari balancer asli nya dengan cara dipotong dulu baru dipasang dibalancer yang kita buat tadi dengan cara dilas paten,
SUMBER : Dari bengkel balancer saya

balancer buatan tukang bubut seperti gambar berikut:

ketiga
 2. yang lebih hemat biaya dengan cara mengeLas 3 titik balancer asli nya seperti gambar berikut,,
Keempat
 modal Las cuma 10.000 sob irit bued, namun Kata mas Bengkelku kalo dilas Balancernya kalo mau nyeTandarinnya lagi ribet sob, so kita harus meratakan lagi bekas lasnya itu kalo nggak kita harus beli balancernya seharga 400.000,, astaghfirullahaladzim,,
- tapi menurutku kayaknya sama aja Kalo mau Standartin lagi pasti sama" ribet...

nah setelah semua sudah siap tinggal pasang aja sob,,

haha
 INFO PETING !!!
- Bagi sobat mau pasang kopling Manual menggunakan bak kopling yang versi (gambar Nomor 1) / yang versi tanpa rumah kopling, diusahakan pakailah Lonceng yang asli sob, karna lonceng bawa'an dari TDR nggak bertahan lama udah habis pinggirannya sob,, efeknya kalo udah habis tuh pinggiran lonceng, motor jadi nggak bisa ngopling.
nah cara pakai Lonceng yang asli dengan cara dibubut sedikit sob lubangnya, karena lobang lonceng asli kecil, jadi tuas stut nggak bisa masuk. ingat jangan diborr ya so kalo diboor kagak kuat karena Lonceng asli dari baja, jadi lbih baik dibubut aja & bawa sekalian stut koplingnya buat ngepasin lobangnya..

ini Cuplikannya Lonceng Punya ku bawaan TDR yang udah habis :

huhu
 - Saran saya Lebih baik menggunakan Bak kopling yang versi (gambar Nomor 2), walau harga agak mahal, tapi lebih mantep sob, sesuai pengalaman ane bak kopling versi 1 kurang responsif sob karena hanya menggunakan 2 kampas kopling & tanpa per kopling,, beda dengan versi 2 yang menggunakan rumah kopling & per kopling..
atau kalau tidak, sobat bisa pakai bak kopling yang versi 1 terus ganti rumah kopling asli dengan punya kakak Seperguruan Jupiter MX, caranya harus di bubut dulu biar pas terus dipantek aja gear aslinya,...
Oy ada tips lagi, kalo mau ganti house MX pilihlah house MX yang Tahun 2009 kebawah, so lebih tipis jadi nggak mentok ama bak kopling, nih cuplikannya House MX yang Tahun 2009 kebawah :

1. 

tara

2.
rapopo

Sekedar info Untuk semua, nggak ada modifikasi sempurna,, jadi lebih baik difikir dahulu sebelum bertindak ya :)

thanks untuk bimbingannya Sony Rockerz Bore Up :)

Thanks juga buat bro Jemi Ardi

Sekian, dan semoga dalam postingan kali ini bisa bermanfa'at buat sobat semua..
Ma'af apabila ada banyak kesalahan tutur kata dalam Postingan saya kali ini,, manusia tak ada yang sempurna :)



Wassalamualaikum.wr.wb

156 Responses to "Tips Bagus dan Hemat Memasang Kopling Manual Yamaha Jupiter Z New (ZR)"

  1. wah kalau saya langsung ke bengkel saja, soalnya tidak paham mesin sob

    ReplyDelete
  2. nice gan infonya... sekalian belajar oromotif

    ReplyDelete
  3. Makasih Gan Informasinya Coba Dulu Gan :D

    ReplyDelete
  4. nice share sob..!
    lokasi semarang mana nih..?
    kalo bikinin balancer ke tukang bubut abis brp y kira"..?
    kalo balancer punya TDR gitu ada g ya..?
    oiyaaa untuk 130cc harian bagus pake brp gram balancernya sob..?
    itu jupi ente jupi yg stroke ny 57.9 bukan..?

    thanks sob,.. sorry banyak nanya. maklum, baru nyemplung ke oli"... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jawab satu persatu ya :)

      1. lokasi saya di kendal sob, semarang kebarat
      2. saya dulu buat habis 200rb sob, kalo saya perkirakan harga pada umumnya kisaran 200-250 sob
      3. Saya belum tau sob kalo balancer TDR, soalnya belum ada kabar nih
      4. bisa pake 700 gr, dulu punyaku pake 800 gr untuk cc 125
      5. bukan sob..

      :-bd

      Delete
  5. ane ijin copas tanpa nyebut sumber yah gan disini :Q

    ReplyDelete
  6. numpang tanya mas, beli balancernya yang udah jadi gitu ada nggak ?

    thanks ^o^

    ReplyDelete
  7. mohon Info nya gan,
    gini saya kurang paham tentang mesin :D
    itu 650rb udah tinggal ceplok kan :D
    apa mesti beli alat2 yg lain gitu ?
    Terimakasih sebelum nya :)

    ReplyDelete
  8. gan saya punya Vega R Tahun 2002 sudah pakai kopling manual merk X1.
    pertanyaan saya stelah mesin panas kopling tidak berfungsi alias nyelonong, mohon pencerahannya. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena kampas koplingnya udah tipis gan,

      Delete
  9. Asalamualaikum,
    Gan, tolong dibantu yah,,,
    saya punya Jupiter Z 2010, mau pasang manual kopling agak kewalahan, saya udah beli bak kopling TDR, tapi ga ada rumah kopling nya, dan ikut saran agan juga pake rumah kopling juoter mx masih belum bisa, tolong dibantu gan, kalo bisa saya pengen dibuatin rumah kopling nya bisa ga gan?
    Subang (Jawa Barat)

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam,
      kendala nya apa nih gan ?

      belum bisa nya kenapa pas pake rumah kopling jupiter MX ?

      Delete
  10. Pake rumah kopling versi berapa tuh mx nya

    ReplyDelete
  11. Motor saya crypton. Nah kmaren saya tuker guling sama temen. Pas udah kelar ditukar bak koplingnya knapa ngoper giginya susah ya?. Jadi pas dari netral ke 1 enak, nah dinaikinnya susah lagi..kenapa ya?? Tolong bantuannya suhu thanks.

    ReplyDelete
  12. Motor saya crypton. Nah kmaren saya tuker guling sama temen. Pas udah kelar ditukar bak koplingnya knapa ngoper giginya susah ya?. Jadi pas dari netral ke 1 enak, nah dinaikinnya susah lagi..kenapa ya?? Tolong bantuannya suhu thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin stelan koplingnya terlalu cekak cekak

      Delete
  13. Gan ?
    klo kita udah beli 1 set bok (gambar .2)
    trus apa lagi yg perlu di las ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal las kopling gandanya gan, tapi saran saya sih mendingan beli balancer aja,
      coz sayang kalo yang asli di las,

      beli balancernya yang beratnya 800 gram

      Delete
  14. Replies
    1. kamu pakai bak kopling yang versi berapa ?

      Delete
  15. Kalo beli gambar no.2 + balancer'e lengkap daerah semarang mana y????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lengkap + balancer kayaknya gak ada sob,
      kalo beli bak koplingnya yang versi 2 ada di daerah sampangan, nama tokonya sampangan motor

      Delete
  16. Izin copy gan, di tunggu kunbalnya

    ReplyDelete
  17. kalau beli rumah nya mx sekitar berapa

    ReplyDelete
  18. Om yang yasah loceng bawan tdr versi satu sudah retang om kalo beli ada ga yah om di bengkel benkel tolong dii bales om

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nggak, ganti pake lonceng bawaannya aja om, tapi musti dibor dlu biar lobangnya agak gede dikit

      Delete
  19. Om yang yasah loceng bawan tdr versi satu sudah retang om kalo beli ada ga yah om di bengkel benkel tolong dii bales om

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada om, mending ganti rumah kopling aja

      Delete
  20. om kemaren ane pasang kopling untuk motor jupiter z new (bukan yang injeksi)
    terus ane pasang cman pake bak kopling doank gk pake rumahannya dan di las
    nah kata orang ane make kopling banci,
    trus kalo ane mw jdiin full manual yg dbtuhkan rumahan kopling apa yang bgus yah trus apa kah ada yang lainnya ?
    thx sblumnya om ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake rumah kopling tdr juga bagus bro,
      kalo nggak SYS atau MX juga bisa, tinggal pilih sesuka hati

      Delete
    2. 1.kalo pake rmah kopling MX yg 2009 kbwah perlu di bobot lgi gk yah ?
      atau langsung dpsang
      2.kalo harga baru rumah kopling MX brapa yah gan
      thx lagi sblumnya :D

      Delete
    3. dibubut dlu gan tempat paku nya biar pas, coz lobangnya beda, tp setau ku kalo pake rumeh kopling MX menghabiskan budget agak banyak , mending beli house kopling TDR aja gan, tinggal PNP, :-bd

      Delete
    4. oh mesti dibubut jga yah :3
      kalo mw pake rumah kopling TDR jupiter z new
      itu sama aja kan dngan yg standar cman beda merk ?
      atau beli rumah kopling TDR jupiter MX trus dpke ke mtor jupiter z
      sorry gan banyak nanya :v

      Delete
    5. iya kalo beli yang punya MX,
      beda bro, bukan hanya beda merk, tapi juga beda bentuk, yang standart jupiter z robot kan pake plat matahari tuh, nah kalo rumah kopling jupiter robot yang merk TDR itu ada per koplingnya,

      saran saya mending beli yang TDR untuk jupiter z robot aja vroh \o/

      Delete
    6. oh ane kirain rumah kopling standar dngan yg TDR untuk jupiter Z sama aja cman beda merk
      rupanya beda di plat sama per kopling nya toh
      harga pasaran rumah kopling sama kampas kopling biasanya brapaan om

      Delete
    7. ditempat ane sih skitar 370an gan, mungkin beda dengan harga ditempat agan :)

      Delete
    8. gan ane kmren hbis dri bengkel trus nanyain rumah kopling TDR untuk jupiter z new stocknya lgi kosong
      trus mw beli rumah kopling TDR jupiter burhan ktnya gk cocok dngan yg jupiter z new apa bner jupe z new dngan burhan rumahan koplingnya beda ?

      Delete
    9. iya beda gan, jangan beli yang punya burhan

      aklo nggak ada yang TDR coba yang merk SYS juga nggak kalah bagus gan, cuma agak keras soalnya pake 6 pir

      btw agan orang mana nih :)

      Delete
    10. rumah kopling SYS bkannya lbih mhal dri TDR
      klo TDR kan 200-300 Include Per kopling
      ane org jambi gan :D

      Delete
    11. iya gan memang lebih mahal, itu hanya sebagai alternatif saja :D

      oya salam satu aspal ajah :D

      Delete
  21. oh ya gan Rumah Kopling Vega ZR sama Jupiter z New Sama bkan ?

    ReplyDelete
  22. gk kepikiran buat ngambil vega zr -_-

    ReplyDelete
  23. gan klau baknya pakai yamaha terus rumah koplingnya sys bisa gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan,
      BTW apa ada ya yang merk yamaha ?

      aku malah baru denger, apa yamaha tailand ?

      Delete
  24. Gan Ane Udah Pasang KOpling Versi 1 Mantap Tapi gak peke rumah kopling Sys atau tdr tetap pakai rumah kopling tipe diafragma pertanyaan nya knepa ya waktu saya gigi netral ada bunyi nguk nguk nguk tapi pas di gas ilang tuh bunyi tuh knp ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantap kalo gitu ^_^
      btw balancernya dilas ato dibuatin balancer khusus gan ?

      biasanya bunyi itu berasal dari karet rumah kopling yang kendor gan :)

      Delete
    2. Di las kemaren , Tapi pas netral ada suara nguk nguk tetapi kalau di tarik tuas koplingnya Ilang tuh suara nya!! Gmna tuh mas

      Delete
    3. coba cek karet house nya mas, biasanya disitu permasalahannya, dlu punyaku juga gitu, setelah aku cek ternyata karet housenya udah kendor,

      emang kalo karet house kendor tapi motor blum dikopling manual bunyinya nggak kedengeran, tapi stelah dikopling manual baru deh kedengeran

      Delete
    4. Makasih mas Sebelumnya , Kalau saya boleh tau harga karet Rumah kopling nya brpaan ya mas ane mau cek tapi belum tau harga nanti malah kemahalan .thanks

      Delete
    5. karet rumah koplingnya disini harganya 5000 gan,
      mungkin kalo yang agak bagusan skitar 10rb an

      Delete
  25. Gan kalau ganti rmh koplingnya dgn sys apakah masih ada yg harus dibeli lgi

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup rumah koplingnya aja gan, nanti stut sama ringnya pake punya TDR nya.

      Delete
  26. Baknya sya pakai versi yamaha gan. Apakah tdk masalah rmh koplingnya sys

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan kalau boleh tau Rumah kopling nya Pakai apa pakai TDR sys Atau tetap memakai Diafragma Nie

      Delete
  27. Replies
    1. Sama Kita Bro UDah tinggal tunggu apa lagi tinggal pasang aja saya pasang di Vega RR Bagus gan

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Gan tdi gua hbis dari bengkel terus katanya rmh kopling mx 2009 lubangnya ada 3 model

    ReplyDelete
  30. memang begitu gan, maka dari itu perlu diakalin terlebih dahulu, yaitu ngepasin lobangnya,

    cukup tiga aja yang dipake nggak papa

    ReplyDelete
  31. Gan kampas kopling apa yg digunakan di rmh kopling sys new jupe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya beli udah ada kampas koplingnya ?
      pake kampas kopling TDR bisa

      Delete
  32. Blm bli gua gan. Berapa kampas kopling yg digunakan sys gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 4 kampas kopling, 6 per dan 3 plat

      Delete
  33. Jadi Gini Gan Vega RR ku Koplingnya uda Mentok banget Dan pas uda ku bawa kebengkel Disuruh Bikin Dudukan Kopling yang dekat bak itu pakai Besi kalau dari tdr kan Alumunium Dan Lonceng Tdr kan gak tahan lama jadi pertanyaan nya Lonceng yang bagus Itu gmna ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah agan ketahuan gak baca arikel saya dengan cermat nih hahaha :D
      itu diatas sudah saya tuliskan sob pada bagian ini :

      INFO PETING !!!
      - Bagi sobat mau pasang kopling Manual menggunakan bak kopling yang versi (gambar Nomor 1) / yang versi tanpa rumah kopling, diusahakan pakailah Lonceng yang asli sob, karna lonceng bawa'an dari TDR nggak bertahan lama udah habis pinggirannya sob,, efeknya kalo udah habis tuh pinggiran lonceng, motor jadi nggak bisa ngopling.
      nah cara pakai Lonceng yang asli dengan cara dibubut sedikit sob lubangnya, karena lobang lonceng asli kecil, jadi tuas stut nggak bisa masuk. ingat jangan diborr ya so kalo diboor kagak kuat karena Lonceng asli dari baja, jadi lbih baik dibubut aja & bawa sekalian stut koplingnya buat ngepasin lobangnya..

      Delete
  34. Om sayah teh udah beli blok kupling tdr versi satu tappi kepengen afa peran jadi sayah beki rumah kupling tdr per6 apakah .bisa di pasang om dan apa lagih yang harus sayah beli agih om makasih om tolong di bales om

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo rumah kopling yang TDR kyaknya nggak ada yang 6 pir om,
      tinggal beli rumah kopling New Jupiter z 2010 yang merk TDR om belinya satu paket tinggal pasang

      Delete
  35. Posisi Dudukan kopling Yang Pas Itu gmna mas Dan apa Nama Kedudukan itu mas Ane mau beli tapi gak tau Namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dudukan yang mana mas yang dimaksud ?

      Delete
  36. Dudukan Yang Di Bak Kopling itu gan yang alumunium namanya apa punya ane udah mau patah jadi kalau mau beli gatau namaanya ane udah cek bengkel ane bilang mas ada dudukan kopling dekat bak gak katanya Ga ada Makanya aku nanya apa nama dudukan tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya lonceng gan

      gausah beli, pake aja lonceng ori nya jupiter 2010 robot bisa malah awet, tinggal bubut sdikit lobangnya biar kedean dikit

      Delete
  37. Gan Mau nanya Gan Kok Ane KAdang kadang Kalau mau Engkol sering gak nyangkut ya Padahal kampas dah di ganti gmna tuh gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. stelan koplingnya terlalu kenceng gan, jadinya tuh motor agak ngopling jadinya kalo diengkol suka meleset, setingan koplingnya jangan terlalu kenceng alias cekak saja

      Delete
    2. Maaf Sebelumnya Cekak Yang dimaksud gmna ya Gan

      Delete
    3. cekak = jangan terlalu kenceng stelannya.

      Delete
  38. oke deh !! 1 lagi Ciri Kopling Banci Tuh Gmna ya kata Kawana Ane ada Kopling banci beneran ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopling banci itu, motor udah ada koplingnya tapi kalo masuk gigi tanpa pencet kopling dlu pun bisa, itu yg namanya kopling banci.

      agak sulit kalo dijelaskan

      Delete
  39. Punya ane Masukin Giginya Harus Tekan Tuas kopling Kalau tidak di tarik tuas kopling nya LAngsung Lompat Apakah Itu Kopling Banci

    ReplyDelete
  40. Replies
    1. ya, biar makin full ganti pake house kopling ada pir nya

      Delete
  41. Gan ane pingi ganti Rumah Kopling tapi ane takut nanti gak pas menurut agan aan semua Rumah kopling yang paling cocok Untuk Vega RR ane Apa Ya sys Atau tdr Sysnya Khusus untuk vega tau untuk yang lain sama halnya dengan tdr Makasih Sebelumnya maaf Banyak tanya Baru ganti kopling

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik pake punya TDR juga rumah koplingnya

      Delete
    2. GAn ane ada liat di internet Yamaha Vega Force Kalau vega memakai rumah kopling diafragma Kalau Force memakai Rumahkopling per 4 Bisa gak Vega ane dikasih rumah kopling itu

      Delete
    3. bisa, pake rumah kopling motor honda grand pun bisa, cuma ntar kamu kbingungan soalnya ntar banyak yg perlu dirubah,

      mending pake SYS/ TDR tinggal PNP nggak ribet nggak ngehabisin budget banyak, kalo pake house SYS mentok bak, tinggal kepras dikit bak koplingnya

      Delete
    4. Gan rumahkopling tdr Sekalian kampas2nya Kisaran Harganya Brp ya

      Delete
    5. ditempatku kisaran 400rb an, udah tinggal PNP

      Delete
  42. Gan kalau Mau Beli rumah kopling Bilangnya Gmna Gan Apa Beli rumah kopling tdr buat vega zr Atau jupiter z atau yang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bilang aja beli rumah kopling buat vega zr yang udah pake pir yang merknya TDR

      Delete
  43. kalo mau oke yg full ojmx gmn bro brani gx dr rumkop ampe mangkok koplingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gman bro, kok aku nggak mudeng sama tulisan kamu ?

      Delete
  44. Gan Apa bedanya pakai Rumah Kopling per dengan Model Diafragma Ane Pakai vega ane MAsih Kalau Start Ban MUtar Dengan Kencang Sama Aja Dengan Satria Fu tuh Jadi Apa Bedany Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo model pir ada pir nya, kalo model diafragma cuma pake pake plat matahari, soal responsive nya lbih responsive yg pake pir

      Delete
    2. Ou Gitu gan Okelah, Satu Lagi GAn vega Ane Kok Setelah Pakai Kopling manual Top Speed 95 Gan padahal Sebelum Pakai Bisa 100 Gan Apa Memang Karna Kopling manual jadi gitu gan

      Delete
    3. kayaknya nggak pengaruh kalo sama speed gan..

      Delete
  45. gan cara masang stud kopling nya gmna nir ane pakai rumkop Force fi ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumkop force fi itu kyak apa ?
      khusus untuk motor apa ?

      Delete
    2. [img]http://tmcblog.com/wp-content/uploads/2013/06/detail_yamaha_force14.jpg[/img]
      Seperti Itu dia Bisa kok Diapasang Ke VEga RR Ane

      Delete
    3. [img]https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSmn2Kxd5D6cw0e8prbjAaVx20Ot7VtSiKSCZGBIlN_ZihartNc[/img]

      Delete
    4. ada lobangnya kan di bagian penutup rumkop nya ?
      nah disitu tempat stut koplingnya

      Delete
  46. Gan Ada masalah ni gan tolongin gue gan Kopling gue kok sentakkan nya lama banget trus kalau main tarik Tuas baru dilepas Kok Suaranya aja yang keluar, Kalau enggkol jarang nyangkut apakah ini karna rumah kopling diafragma ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu karena kamu masih pake kopling diafragma, lonceng nya sudah halus jadi kalo diengkol nggak nyangkut

      Delete
    2. Gan Kalau Ane ganti Ke Tdr Per 4 Gmna gan ?

      Delete
    3. gapapa, malah bagus, tinggal pnp gak ribet :W

      Delete
  47. Replies
    1. PNP = Plug And Play jadi gak perlu ngrubah/ngrombak2 lagi

      Delete
  48. Gan saya dah ganti kopling manual , tp ada bunyi kletok kletok padahal dh gnti karet itu gmna gan ???

    ReplyDelete
  49. Gan,minta info dong dmn ane bisa dapetin rumah kopling TDR buat NJZ ane.ane udah cari sekitar depok+cibubur tp gk ada yg jual.
    Mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  50. Gan,minta info dong dmn ane bisa dapetin rumah kopling TDR buat NJZ ane.ane udah cari sekitar depok+cibubur tp gk ada yg jual.
    Mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba beli online mas, di grup jupiter z 115 ada yang jual via online

      Delete
    2. Numpang nanya gan hous tdr yx kusus buat jupi cw 2010 ad gc zw yang langsung pasang

      Delete
    3. Numpang nanya gan hous tdr yx kusus buat jupi cw 2010 ad gc zw yang langsung pasang

      Delete
    4. ada gan, merk TDR ada, Merk SYS juga ada

      Delete
  51. Gan permisi mau tanya , ini aku Pake kopling merk yamaha , trus pake per 6

    Tp knp ya ? Kalau pas keadaan jalan trus tiba2 saya tekan kopling nya , trus di kalter kanan itu bunyi kemracak gann ?? Ini penyakit udh lama gan di motor ane

    Gimana solusi nya ya gan ? Makasih , salam surabaya

    ReplyDelete
  52. Motor ane jupiter New 2010 gan persis ama pembahasan di atass

    ReplyDelete
  53. Gan saya mau tanya nih , motor saya jupiter Z ( burhan ) kok di pake rasanya agak ngejer gitu
    apanya kira kira gan , mohon pencerahanya :)

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. Gan gua udah pke rmh kopling sys.. Kampasnya kan 4 trus sy mau ganti kampas koplingnya
    . pke kamps apa yg yahut

    ReplyDelete

  56. Gan Kalau Pakai Rumkop Sys MEntok Ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tanya gan kalau kopling ganda nya dah pernah di las kalau dilas lagi bisa gak

      Delete
    2. iya kayaknya, soalnya punya sys agak nonjol kedepan, lbih baik beli satu paket saja

      Delete
  57. Mau nanya gan kalau kopling ganda dah pernah dilas kalau dilas lagi bisa gak

    ReplyDelete
  58. Gan, misi numpang tanyaa,
    disini kan saya belii TDR tapi ndak ada housenya dan saya beli pernya terpisah, apa bisa pasang kopling pakai house orinya? kalau bisa, apa itu harus di las? kalau dilas di bagian mananya
    motor syaa Jupiter Z1 FI 2014
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi kalo mau lbih enak, mending beli rumkopnya sekalian yang merk TDR juga, kalo mau dilas, dilas dibagian balancernya, coba lihat gambar diatas

      Delete
  59. Gan mau tanya .kan motor juviter robot saya udah dinkuplingin.kemaren kmaren itu motor sayang sabrakan dan blok kuplingnya hancur.trus krang mau di orsinilin biayanya kira kira mahal nggak .apa mnding beli lagi blok yang baru .

    ReplyDelete
  60. Gan mau tanya .kan motor juviter robot saya udah dinkuplingin.kemaren kmaren itu motor sayang sabrakan dan blok kuplingnya hancur.trus krang mau di orsinilin biayanya kira kira mahal nggak .apa mnding beli lagi blok yang baru .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau di orisinilin lagi tinggal pasang blok ori nya gan, lalu agan merubah apa saja tinggal dikembaliin lagi kan gampang gan

      Delete
  61. Maaf nih mas mw nax, per kopling yg bagus dan tidak terlalu keras jika hendle di tarik pake punya apa, buat jupiter z lawas...mkasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake punya smash udah bagus mas, tp perlu gedein dikit lobang tutup rumah koplingnya..

      Delete
    2. Gan ane mau tanya, rencana ane mau pasang kopling manual di vega RR ane, nah ane masih kurang paham yg di las paten 3 titik balancer aslinya.., itu maksudnya di las paten apa cuman dilas dikit/titik di 3 titik balancer aslinya??
      Mohon dijelaskan secara detail gan, takutnya bengkel ane gk paham. Thanks gan sebelumnya.

      Delete
    3. dilas paten gan, coba lihat gambar diatas

      Delete
    4. permisi agan, klo kampas kopling nya abis bawaan sys, pake punya motor apa ya?

      Delete
  62. bro numpang tanya
    Kalo gandanya di ganjal ring bisa bertahan berapa lama ?
    Trus kalo di las.masih bisa di standarkan kembali ?
    Motor supra x 125

    ReplyDelete
  63. mas, daerah semarang yg jual rumah kopling tdr mana ya?? harganya berapa???

    ReplyDelete
  64. gan nmpang nny klo masang kopling tdr jupiter z z1 lama gak??

    ReplyDelete
  65. Numpang tanya gan.saya abis ganti koplingling manual motor jupe..tapi ko klo di gas ngeden gan moh9n bantu

    ReplyDelete
  66. gan, mau nanya nih...
    punyaku udah kopling manual "JUPITER Z 2007"
    Kalau mau ganti rumah kopling, solusinya gimana ya....

    makasih

    ReplyDelete
  67. Gan....
    Agan buat balancer harganya berapaan ?
    N klo ada gw mw order nih..
    Thanks

    ReplyDelete
  68. jemi ardi g asing yuh nama heheheh

    ReplyDelete
  69. Perbedaan kopling manual vega rr dengan vega zr apa ya bos?

    ReplyDelete
  70. Gan... motor saya jupiter z new tahun 2010... bak kopling tdr n rumkop sys... kampas ganda blom di las... tpi kok klo masuk gigi... kopling di lepas g mati.. itu knp ya gan?

    ReplyDelete
  71. BLOG nya menarik sekali keren banget ka kunjungi yang satu ini yaaa biar kalian ga bingung dalam menentukan masalah GEDGET
    http://zapplerepair.com/iPhone-6-lcd-ada-bayangan-hitam-diganti-baru-juga-sama.html

    ReplyDelete