WASPADA! 7 Hal Ini Dapat Membahayakan Kesehatan Anda

WASPADA! 7 Hal Ini Dapat Membahayakan Kesehatan Anda

Jakarta Anggaplah ini adalah wake up call dari diri Anda di masa depan. Berikut adalah 7 hal yang Anda sesali tidak Anda lakukan sekarang, dan pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan Anda nantinya, seperti yang dilansir dari Family Shares, Jumat (23/9/2016).

1. Tidak mendapatkan sentuhan fisik yang cukup
Jangan abaikan pentingnya sentuhan fisik dan kasih sayang, seperti pelukan, genggaman tangan, dan tepukan pada punggung. Adakah efeknya? Menurut ahli, sentuhan fisik dapat menurunkan detak jantung, menaikkan tingkat oksitosin, dan tentu membuat perasaan kita nyaman! Selain sering-sering mengekspresikan sentuhan dengan pasangan dan anak, binatang peliharaan juga bisa memberikan dampak yang sama. Cara lainnya? Dapatkan pijatan di seluruh badan atau spa.

Baca Juga: Ortu wajib baca!!! Ini 5 Cara Cegah Anak Hamil di Luar Nikah
2. Tidak melakukan peregangan
Peregangan atau fleksibilitas biasanya kita dapatkan dengan melakukan beberapa gerakan yoga. Manfaatnya? Banyak. Salah satunya, peregangan membawa darah ke otot dan meningkatkan fleksibilitas sendi. Melakukan peregangan otot beberapa kali seminggu juga dapat membantu mencegah cedera. Tentunya, Anda ingin bisa terus aktif, kan? Peregangan juga dapat mencegah cedera dari aktivitas berulang seperti mengetik, memegang smartphone, ataupun berjalan kaki.

3. Tidak memaafkan
Memendam kemarahan hingga berlarut-larut dan tidak mau memaafkan mereka yang telah menyinggung Anda? Anda sendiri yang akan dirugikan. Sikap ini hanya akan membahayakan kesehatan Anda. Memaafkan tidak berarti bahwa apa yang telah dilakukan orang lain kepada Anda bukanlah tindakan yang salah. Pengampunan berarti melepaskan energi negatif yang telah meninggalkan luka dalam hidup Anda. Jangan bebani diri Anda di masa depan dengan beban dari masa kini yang tak selesai.

Apa yang perlu dilakukan untuk membuat Anda di masa depan bahagia? Maafkan satu orang hari ini. Berdoa baginya. Lepaskan dendam.

4. Tidak mendapatkan jatah tidur 7 jam.
Kurang tidur bukanlah tanda daya tahan yang kuat. Begadang mungkin membuat Anda bisa mengerjakan lebih banyak hal. Kehilangan waktu tidur adalah sebuah kehilangan besar. Efek jangka panjang dari kurang tidur sangat buruk bagi kesehatan, salah satunya sistem kekebalan tubuh terganggu dan masalah berat badan. Tentukan kapan Anda harus bangun di pagi hari dan tidurlah 7-8 jam sebelum itu.

5. Tidak menjalin hubungan sosial.
Kedekatan emosional dengan orang lain adalah super Vitamin yang bagus untuk kesehatan. Ini bukan tentang banyaknya lingkar pertemanan yang Anda punya di media sosial, tapi interaksi langsung dan ada kontak mata.

6. Tidak menjadwalkan check up kesehatan.
Pernahkah Anda mendengar istilah, “Satu ons pencegahan bernilai satu kilogram pengobatan?” Meskipun Anda mungkin merasa baik-baik saja, tidak ada gangguan kesehatan, tapi pemeriksaan rutin tetap perlu dilakukan. Antara lain, periksa gigi, cek kolesterol, diabetes, atau tes pap smear bagi wanita.

Diskusikan ke dokter untuk pemeriksaan penyakit kardiovaskular, pengukuran massa tulang, diabetes dan glaukoma. Oh ya, jangan juga mengabaikan gejala depresi.

7. Tidak memberi asupan bagi otak.

Stimulasi pikiran harian akan membuat otak Anda menjadi kuat. Hal-hal kecil seperti mengisi teka-teki silang, jigsaw puzzle, memainkan alat musik, belajar bahasa atau ketrampilan baru, adalah hal-hal yang dapat memberi tantangan dan menjaga komunikasi antara sel-sel dalam pikiran Anda.

0 Response to "WASPADA! 7 Hal Ini Dapat Membahayakan Kesehatan Anda"

Post a Comment