Untuk OrangTua Mulai Sekarang Stoop Melakukan Hal Ini Pada Bayi..!!! Karena 100 Bayi Meninggal Dunia Setiap Tahun Disebabkan Hal Itu {{Ayo Share Agar Banyak Bayi Yang Terselamatkan}}

Ada orangtua yang mengasuh anak bayinya dengan cara melempar-lemparkan ke udara lalu menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa. Atau mengguncang-guncangkan tubuh dan bahunya keras sambil berekspresi gemas. Bila anda kerjakan sekian, jadi berhentilah segera. Jika lihat orang lain berbuat begitu pada bayi mereka, cegahlah, karena sangatlah berbahaya untuk badan bayi.

Tahukah Anda? Beberapa tahun waktu lalu nih sahabat, ahli kedokteran mengidentifikasi satu jenis penyakit yang serius pada bayi, namanya “Sindrom Kematian Mendadak” Salah satu pemicunya ini yakni guncangan pada badan bayi. Sangat mengagetkan kan..

Di Jerman, rata-rata sekitar 100 bayi setiap th. alami kerusakan parah di otak karena mereka diguncang-guncang pengasuhnya. Laporan mengenai angka itu berdasar pada sensus dari unit penyakit langka anak-anak di Jerman. Asosiasi Dokter Anak di Jerman memprediksi angka bayi yang alami trauma dikarenakan diguncang-guncang, sebenarnya lebih tinggi lagi.

“Guncangan keras sepanjang lima detik saja sudah cukup untuk mengakibatkan kerusakan fungsi-fungsi otak, ” kata profesor Hans-Juergen Nentwich, anggota dewan direktur asosiasi itu. ”

Kenapa guncangan pada bayi bisa bermuara pada kematian?

Menurut ahli kedokteran tadi, ini karena bayi yang masihlah sangat muda belum bisa menahan kepalanya sendiri karena otot lehernya yang lemah. Mengakibatkan, bila bayi terguncang tubuhnya, kepalanya akan bergoyang ke depan dan belakang.

Goyangan ini yang mengakibatkan rusaknya otak dan pendarahan di dalam otak dan pada permukaan otak, hingga dapat menyebabkan masalah serius pada otak sang bayi, dan dapat menyebabkan masalah yang berjalan permanen, seperti :

1. Kerusakan otak
2. Cerebral palsy
3. Kebutaan
4. epilator * dan
5. Kesulitan berbicara
6. Kesulitan belajar
7. Kesulitan koordinasi
8. Serangan jantung
9. Keterbelakangan mental

Berikut adalah beberapa hal yang butuh dihindari bersama panduan pencegahan :

- Janganlah pernah mengguncang badan bayi dibawah umur 3 th., dengan alasan apapun juga.

- Saat Anda menggendong bayi anda, jangan sampai lupa selalu untuk menyokong kepala bayi anda dengan tangan.

- Katakan pentingnya melindungi kepala bayi Anda pada pengasuh bayi anda.

- Yakinkan semua orang yang dekat dan kerap menggendong bayi anda kenali benar bahayanya seorang bayi bila diguncang-guncang atau digoyang.

Pada beberapa orang anak bahkan dapat menimbulkan kematian. Ini dikenal dengan shaken-baby-syndrome. Mengapa beresiko?

Bayi memiliki kepala lebih besar di banding dengan anggota badan yang lain, dan otot lehernya masih tetap lemah. Bila diguncang, kepalanya akan tersentak ke depan dan ke belakang. Hentakan-hentakan itu akan mengguncang otak dan merusaknya. Pembuluh darah kecilnya akan turut rusak, mengundang pendarahan di otak dan sekitarnya, dan di mata bayi.

Kemungkinan terbesar yakni pada bayi dibawah setahun, tetapi tidak tutup peluang dapat berlangsung di usia yang lebih besar. Yang perlu diwaspadai yakni guncangan-guncangan ini dapat berlangsung malah saat kita asik bermain dengan sang bayi.

Karenanya terdapat banyak permainan dan kesibukan yang butuh dijauhi untuk menghindarnya, salah satunya :

1. Melempar bayi ke udara.
2. Lari-lari sembari membawa bayi di punggung atau di kepala.
3. Kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, naik ke kaki dan digoyang-goyang).
4. Memutar bayi.

Jangan sampai lupa mengingatkan beberapa orang di sekitaran Anda ya, sharing informasi ini hingga terbaca oleh saudara, pengasuh, kakek-neneknya, juga tetangga tidak untuk mengguncang bayi.

0 Response to "Untuk OrangTua Mulai Sekarang Stoop Melakukan Hal Ini Pada Bayi..!!! Karena 100 Bayi Meninggal Dunia Setiap Tahun Disebabkan Hal Itu {{Ayo Share Agar Banyak Bayi Yang Terselamatkan}} "

Post a Comment